TBM CETAR ( Ceria dan Pintar )

 

 

TAMAN BACAAN MASYARAKAT

TAMAN BACAAN MASYARAKAT CETAR ( CERIA DAN PINTAR ) yang dikelolah oleh saudara Samsuri di RT06/01 Desa Sirangkang adalah salah satu cara meningkatkan minat belajar siswa sekolah dan masyarakat umum di lingkungan setempat,karena di era globalisasi ini, eksistensi dan kemajuan suatu bangsa sangat ditentukan oleh penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Pengusaaan IPTEK mutlak diperlukan,sebab setiap titik aktivitas dalam dunia global adalah sangat tergantung dengan hal tersebut.
Jepang yang kini kita kenal sebagai “Macan Asia” dengan pencapaian kemajuan yang luar biasa,
 pada tahun 1945 adalah negara yang porak poranda akibat pemboman yang dilakukan olehAmerika. Pada saat itu Jepang sangat banyak kehilangan aset, baik fisik maupun non fisik bahkan sumber daya manusia pun sangat banyak yang menjadi korban. Namun, dalam kurunwaktu tidak lebih dari 10 tahun Jepang telah bangkit dan berkembang menjadi negara maju.Apakah kunci dibalik kesuksesan yang telah dicapai oleh bangsa Jepang tersebut? Perludiketahui, ternyata kunci kesuksesan tersebut adalah pendidikan. Ada cerita menarik pasca- pengeboman Hiroshima dan Nagasaki. Ketika itu, Kaisar Hirohito langsung memerintahkanuntuk menghitung berapa guru yang tersisa. Ini membuktikan bahwa ternyata pembangunan bidang pendidikan memegang peranan penting dalam kemajuan suatu bangsa.Suyanto menyatakan bahwa pendidikan merupakan instrumen yang sangat penting bagisetiap bangsa untuk meningkatkan daya saingnya dalam tatanan masyarakat dunia global.Banyak negara maju yang selalu membangun dunia pendidikannya tanpa henti. Amerika Serikat,misalnya selama bertahun-tahun sangat gencar memikirkan peningkatan kualitas pendidikan. Negara adidaya ini sadar bahwa kualitas pendidikan sangat menentukan masa depan bangsanya.
Salah satu program pendidikan sebagai tindak lanjut dan implementasi program pemerintah yang turut mendukung keberhasilan pembangunan dunia pendidikan adalah adanya pengembangan Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Pengembangan program pendidikan berupa program Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) adalah salah satu program pemerintah yang mengacu pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 26 ayat (4), tercantum bahwa satuan pendidikan nonformal terdiri atas lembaga kursus, lembaga pelatihan, kelompok belajar, pusat kegiatan belajarmasyarakat, majelis taklim, serta satuan pendidikan yang sejenis.Peningkatan kualitas sumber daya masyarakat dalam bentuk program taman bacaan initelah dirintis sejak tahun lima puluhan berupa program kegiatan Taman Pustaka Rakyat (TPR),kemudian diperbaharui pada tahun 1992/1993 dengan adanya program kegiatan TBM. DenganProgram kegiatan TBM ini diharapkan nantinya dapat mewujudkan masyarakat gemar belajar(learning society) dengan salah satu indikatornya berupa masyarakat gemar membaca (reading society).Selain itu, dengan kegiatan TBM Cetar (ceria dan pintar) yang berada di RT06/01 desa Sirangkang diharapkan pula dapat meningkatkan kemampuan, pengetahuan, keterampilan, dan memperluas wawasan bagi mereka yang telah melek aksara,serta bagi mereka yang putus sekolah atau tamat sekolah tetapi tidak melanjutkan sebagai bekaluntuk mengembangkan diri, bekerja atau berusaha secara mandiri dalam setiap aktivitas merekadalam kehidupan di masyarakat.

AdminDesa

Sekretariat Desa Sirangkang

Mungkin Anda Menyukai

Satu tanggapan untuk “TBM CETAR ( Ceria dan Pintar )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *