Peraktek Lapangan Pemberatasan Buta Aksara

20170303_201739

Sirangkang 09/03/2017

Kegiatan program belajar keaksaraan yang berlangsung di dusun sipelem desa sirangkang sudah mulai berjalan dengan rutin. Kesulitan yang dihadapi oleh warga belajar buta aksara lanjutan adalah,walaupun mereka sudah dapat membaca dan menulis tetapi masih belum lancar. Sehingga walaupun mereka sudah memiliki pengetahuan, namun mereka belum memiliki kemampuan fungsional yang diperlukan dalam kehidupan sehari–hari. Hal tersebut karena mereka biasanya jarang menggunakan keterampilan membaca, menulis dan berhitung dalam kehidupan sehari–harinya.

Tingkat belajar keaksaraan fungsional bidang buta aksara lanjutan, kesulitan yang dihadapi warga belajar dalam pelajaran membaca, menulis, dan berhitung adalah adanya rasa kaku dalam menulis, belum mampu mengartikan sebuah kalimat dengan jelas, serta adanya kesulitan dalam berhitung. Dengan kata lain para warga belajar mengalami kesulitan dalam memperoleh bahan ajar, kurangnya tenaga pembimbing,serta kurang tepatnya metode penerapannya dalam kehidupan sehari –hari.20170303_201802

Dengan adanya Kegiatan Praktek Lapangan Kegiatan Pembelajaran Keaksaraan Funsional ini diharapkan para warga belajar akan mendapatkan manfaat–manfaat sebagai berikut :

  1. Memanfaatkan kemampuan bacanya untuk memperoleh informasi dan ide–ide baru.
  2. Memanfaatkan keterampilan menulisnya untuk menggambarkan pengalaman, peristiwa–peristiwa, kegiatan yang dilakukan.
  3.  Memanfaatkan keterampilan berhitungnya untuk mengatur keuangan,menentukan batas dan melakukan perhitungan–perhitungan yang berkaitan dengan tugasnya sehari–hari, dan menghitung banyaknya sumber–sumber atau masalah.
  4. Berdiskusi dan menganalisis masalah dan sumber–sumber atau potensi yang ada  di lingkungannya.
  5. Mencoba ide–ide baru yang dipelajari dari bahan bacaan, dapat menulis dengan benar, menganalisis dan berdiskusi, dan dapat melaksanakan kegiatan belajarnya secara mandiri.

AdminDesa

Samsuri lahir di Pemalang, 26 Januari 1989. Desa Sirangkang RT006/01 Jadilah kamu seperti motherboard. Menjadi alat pemersatu umat untuk mencapai satu tujuan. Jadilah kamu seperti processor. Kecil di mata orang lain tapi besar perananmu untuk orang lain. Jadilah kamu seperti kartu VGA. Keberadaanmu menjadikan hidup indah untuk dipandang. Jadilah kamu seperti memori. Kamu bisa mensuport orang lain untuk terus semangat menjalani hidup. Jadilah kamu seperti casing. Kamu bisa menutupi aib keluargamu dan memperindah keluarga dimata dunia. Jadilah kamu seperti RAM. Dimana kamu bisa mensuport orang lain untuk terus semangat menjalani hidupnya. Jadilah kamu seperti mouse. Kamu bisa menjadi penunjuk arah untuk orang yang membutuhkan petunjuk. Jadilah kamu seperti keyboard. Kamu rela berkorban, tubuhmu ditempa sehingga terkadang rusak demi membantu manusia mencapai tujuan hidup. Jadilah kamu seperti monitor. Karena keberadaanmu, maka tampaklah jendela dunia. Semua yang terpendam bisa terlihat jelas. Jadilah kamu seperti falshdisk. Fleksibel dalam menjalani hidup dan mampu membawa, menyimpan dan mengingat semua histori kehidupanmu. Janganlah Kamu Seperti virus yang selalu menyerang kelemahan orang lain, Tapi jadilah seperti Anti Virus Yang selalu mem-protect kesalahan...!

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *