SOSIALISASI PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

capil1        Sirangkang, 13 Juli 2017 telah dilaksanakan sosialisasi penyelenggaraan administrasi kependudukan oleh DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PEMALANG yang berlangsung di kantor balai desa Sirangkang yang dihadiri dari DISDUKCAPIL kab. Pemalang, pak kades beserta perangkat desa Sirangkang, tokoh masyarakat, ketua Rt/Rw desa Sirangkang, mahasiswa KKN dari Universitas Diponegoro Semarang, dan warga desa Sirangkang.

       Dalam acara tersebut disosialisasikan tentang pendaftaran penduduk, pendaftaran penduduk adalah pencatatan biodata penduduk, pencatatan atas pelaporan peristiwa kependudukan dan pendataan penduduk rentan administrasi kependudukan serta penerbitan dokumen kependudukan berupa kartu identitas atau surat keterangan kependudukan. Dasar hukum Undang -Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang perubahan atas Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2016 tentang Administrasi Kependudukan.

Penerbitan Dokumen Kependudukan :

KARTU TANDA PENDUDUK Adalah identitas resmi penduduk sebagai bukti diri yang diterbitkan oleh Instansi Pelaksana yang berlaku di seluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

KARTU KELUARGA ( KK) Adalah kartu identitas keluarga yang memuat data tentang nama, susunan dan hubungan dalam keluarga serta identitas anggota keluarga.

AKTA -AKTA PENCATATAN SIPIL :

-Akta Kelahiran

-Akta Kematian

-Akta Perkawinan ( Non Muslim )

-Akta Cerai ( Non Muslim )

-Pengangkatan Anak / Adopsi

Itulah yang dipaparkan dalam acara sosialisasi penyelenggaraan administrasi kependudukan waktu tadi pagi, semoga bermanfaat bagi kita semua.capilcapil2

 

AdminDesa

Samsuri lahir di Pemalang, 26 Januari 1989. Desa Sirangkang RT006/01 Jadilah kamu seperti motherboard. Menjadi alat pemersatu umat untuk mencapai satu tujuan. Jadilah kamu seperti processor. Kecil di mata orang lain tapi besar perananmu untuk orang lain. Jadilah kamu seperti kartu VGA. Keberadaanmu menjadikan hidup indah untuk dipandang. Jadilah kamu seperti memori. Kamu bisa mensuport orang lain untuk terus semangat menjalani hidup. Jadilah kamu seperti casing. Kamu bisa menutupi aib keluargamu dan memperindah keluarga dimata dunia. Jadilah kamu seperti RAM. Dimana kamu bisa mensuport orang lain untuk terus semangat menjalani hidupnya. Jadilah kamu seperti mouse. Kamu bisa menjadi penunjuk arah untuk orang yang membutuhkan petunjuk. Jadilah kamu seperti keyboard. Kamu rela berkorban, tubuhmu ditempa sehingga terkadang rusak demi membantu manusia mencapai tujuan hidup. Jadilah kamu seperti monitor. Karena keberadaanmu, maka tampaklah jendela dunia. Semua yang terpendam bisa terlihat jelas. Jadilah kamu seperti falshdisk. Fleksibel dalam menjalani hidup dan mampu membawa, menyimpan dan mengingat semua histori kehidupanmu. Janganlah Kamu Seperti virus yang selalu menyerang kelemahan orang lain, Tapi jadilah seperti Anti Virus Yang selalu mem-protect kesalahan...!

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *